TomSKAte, menyongsong dunia dengan musik

Band asal Bogor yang berdiri sejak tahun 2012 dengan nama SKAMPUNK (SKA dan PUNK), namun nama SKAM­­PUNK sudah dimiliki oleh band lain dari Bandung. Kebetulan pada waktu itu Negara Kesatuan Republik Indonesia kita tercinta ini sedang diserang oleh pasukan serangga kecil berwarna merah bernama Tomcat yang sukses dibesar-besarkan oleh media mainstream tanah air sehingga menginspirasi Mugi, Guntur, Badul dan kawan-kawan untuk mengganti nama band mereka menjadi TomSKAte.

Tomcat + SKA = TomSKAte

Gak perlu punya gelar sarjana sains buat bikin nama ini.

Genre yang diusung TomSKAte sendiri adalah Two-tone, sebuah genre yang terdengar asing di kalangan umum. Two-tone adalah sebuah genre hasil perpaduan antara dua buah genre yang berbeda dan TomSKAte ini menggabungkan genre SKA dari Jamaika dan PUNK dari Inggris sebagai jalan musik mereka.

Alhamdulillah kami berkesempatan untuk mewawancarai TomSKAte secara langsung dan berikut ini adalah hasil wawancara-nya:

Apa sih definisi Musik menurut TomSKAte?

“Musik adalah sebuah pengikat hubungan antar manusia, kita bisa memiliki banyak saudara dengan musik tanpa harus memikirkan usia, bahasa, status sosial dan lain-lain, just relax and enjoy bro… ”.

Sudah pernah tampil dimana aja nih?

“Wah udah gak kehitung bro, tapi yang pasti kita belum pernah dan pengen banget bisa tampil di acara musik macam D*HSY*T atau INB*X supaya ada yang nge-lalala-yeyeye-in kita gitu, hahaha bercanda”.

TomSKAte sudah punya berapa lagu?

“Saat ini kami mempunyai 14 buah lagu namun belum sempat membuat album, masih ngumpulin budget mas, hehehe”.

Siapa yang bertugas dalam membuat lagu untuk TomSKAte?

“Lagu untuk TomSKAte ada yang dibuat bareng-bareng dan ada juga yang dibuat secara individu, tapi ujung-ujungnya kita koreksi bareng-bareng juga, hahaha”.

Ceritain dong Suka dan Dukanya bersama TomSKAte.

“Kita lebih banyak sukanya sih daripada duka. Jika memang sedang berduka, bagaimanapun caranya kita tunjukin kalau kita tidak sedang berduka. Perselisihan antar personil memang ada namun kita selesaikan saat itu juga supaya tidak berkepanjangan. Dibawa fun dan enjoy aja sih karena kita memegang prinsip Suka diatas Duka”.

Apa ada momen-momen yang tidak terlupakan bersama TomSKAte?

“Dulu kita pernah mau tampil di Thirty One, banyak team support kami yang mau ikut, namun Free Pass yang kami dapatkan tidak mungkin bisa membawa banyak orang. Jadi kita patungan deh supaya mereka bisa masuk ke event tersebut.”

Apa Cita-Cita TomSKAte dalam waktu dekat?

“Pertama-tama kami ingin launching album pertama kami, lalu bisa tampil di sebuah event ternama yang mengundang band-band SKA tanah air di Bandung yang bernama Mari BerdanSKA”.

Apa pesan kalian untuk para seniman terutama musisi di Indonesia?

“Dalam berkarya kita harus kompak dan konsisten, musik jangan sekedar ngikutin jaman dan jangan takut untuk memulai dari nol. Temukan jalan musik kalian sendiri lalu jalani dan nikmati prosesnya karena proses tidak akan mengecewakan hasil”.

Personil TomSKAte:

  1. Mugi – Gitar
  2. Guntur – Gitar
  3. Badul – Keyboard
  4. Garuda – Drum
  5. Faruq – Bass
  6. Rusmin Sendok – Vocal 1
  7. Bedong – Vocal 2
  8. Gugus – Scream
  9. Karyo – Harmonica
  10. Ramdani M – Terompet

Contact Person & Sosial Media

Jika kamu ingin tahu bulat, digoreng, dadakan, lima ratusan lebih jauh mengenai TomSKAte, kamu bisa kepo-in mereka di akun sosial media mereka berikut:

  1. Instagram
  2. Twitter
  3. ReverbNation

Galeri

Video

Tag: tomSKAte, ska, punk, interview, band, indie, bogor

~bukanotoy~

Seorang pemuda pemegang prinsip 'Jomblo Sampai Halal' yang tahan poyok. Menyukai budaya negara matahari terbit dan masih suka nonton serial Kamen Rider sampai sekarang supaya awet muda dan bisa menjadi ayah yang baik katanya.

Baca Juga

[J-Music] MAN WITH A MISSION

Oleh ~bukanotoy~ 2016-09-07 19:50:51

MAN WITH A MISSION (MWAM) adalah sebuah band dari Jepang dengan aliran rap rock dan dance-pop yang dibentuk pada tahun 2010 di Shibuya, Jep...

Komentar