Totalitas Aksi Ekstrim 7 Samurai Dalam Mempromosikan Mie Instan Ini Memang Gila!

Jepang memang ahlinya dalam menggabungkan budaya tradisionalnya dengan budaya modern sehingga menghasilkan sesuatu yang unik, keren dan mendunia seperti iklan mie instan cup dari Nissin ini. Mereka berhasil membuat sebuah iklan berdurasi 120 detik yang sangat menarik sampai-sampai kita tidak akan sadar kalau sebenarnya itu hanyalah iklan mie instan.

Iklan ini menampilkan 7 orang Samurai lengkap dengan baju zirahnya yang memainkan berbagai macam olahraga ekstrim. Gila mungkin adalah komentar yang pertama dilontarkan ketika melihat aksi para samurai tersebut karena memang pesan dari iklan ini adalah “Crazy makes the future” alias “Gila akan membentuk masa depan”. Kreatif ya troops?

Kok bisa ya iklan mi instan doang sampai segitunya? Itu karena Jepang memiliki program “Cool Japan” alias “Jepang Keren”. Sebuah program pemerintah untuk mengenalkan kebudayaan Jepang ke seluruh dunia dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Jepang ketika kondisi ekonomi dan politik di Jepang sedang terpuruk melalui kebudayaan mereka.

Bagaimana dengan Indonesia? Jujur saya sedih troops, apresiasi terhadap kebudayaan lokal masih sangat minim baik dari pihak rakyat maupun pemerintah. Semangatnya bahkan kalah dengan semangat bule-bule yang rela jauh-jauh datang kemari untuk mempelajari kebudayaan kita.

Apakah kamu tahu kalau Gamelan alias Orkestra ala Jawa malah lebih terkenal di Amerika Serikat sampai-sampai masuk ke materi pelajaran sekolah? Disini anak-anaknya malah memandang kesenian tersebut kuno dan membosankan, tapi ikut-ikutan ngamuk ketika kesenian tersebut diklaim oleh negara tetangga.

Menyedihkan ya troops, tapi untuk mengubah keadaan saat ini bukanlah hal yang mustahil karena seperti yang dikatakan pada potongan ayat berikut bahwa:

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Q.S. Ar-Ra’d 13:11)

Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Kira-kira bagaimana ya caranya untuk membangkitkan kemauan untuk mengapresiasi kebudayaan lokal dalam diri kita? Kamu punya ide troops?

Sumber: Youtube

Tag: kultur, sinematografi, japan, budaya, youtube, viral

~bukanotoy~

Seorang pemuda pemegang prinsip 'Jomblo Sampai Halal' yang tahan poyok. Menyukai budaya negara matahari terbit dan masih suka nonton serial Kamen Rider sampai sekarang supaya awet muda dan bisa menjadi ayah yang baik katanya.

Baca Juga

Young Lex, Rapper Yang Perlu Diberi Pelajaran

Oleh ~bukanotoy~ 2016-11-19 10:01:00

Sebenarnya malas membahas ‘rapper’ yang satu ini, tapi saya tidak tahan lagi karena ketika saya sedang menjelajahi YouTube saya menemukan video ...

Allan Dixon, Foto Selfie Kamu Gak Ada Apa-Apanya Sama Foto Doi!

Oleh ~bukanotoy~ 2016-11-16 08:44:00

Kamu suka posting foto selfie di Instagram atau jangan-jangan profil Instagram kamu isinya foto selfi...

Komentar